Jumat, 21 Maret 2014

K.H. ABDUL GANI (ABA QADDIN)

K.H. Abdul Gani bin H. Burairah bin H. Rippung yang juga biasa disapa dengan panggilan A'ba Qaddin, beliau lahir di Pambusuang, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, pada tanggal 1 Juli 1927 M. Beliau adalah anak kedua dari 3 bersaudara, dari pasangan H. Burairah dan Suriah, yaitu: H. Hadi, H. Abdul Gani (beliau), dan Khadijah.

Beliau memiliki seorang istri bernama Quraisyah dan memiliki 3 orang anak; 2 orang putra dan seorang putri, yaitu: K.H. Sauqaddin Gani (Ketua Yayasan PonPes Nuhiyah Pambusuang dan Imam Masjid Raya Raudhatul Abidin, Saleppa Majene), H. Hadrawi Gani (Imam Masjid At-Taqwa Pambusuang), dan Hj. Mulazam Gani (Ummi Aliah).

K.H. Abdul Gani (A'ba Qaddin) termasuk salah satu ulama di Pambusuang. Beliau adalah guru pengajian ilmu alqur'an, ahli tajwid, maulid barazanji, dzikkir munu' (maulid syaraf anam), dan lainnya.

K.H. Abdul Gani juga dikenal dengan gelar Pallagu Pambusuang, karena beliau ahli melagukan syair, baik syair-syair qosidah ramadhan, syair qosidah yang lain dan juga al-qur'an. Beliau sering melakukannya di Coppo Masigi Pambusuang (diatas kubah masjid pambusuang) menurut cerita dari teman saya yang juga cucu beliau.

Kenangan bersama beliau saat mengikuti lomba Barzanji bersama teman-teman dibawah bimbingan dan pengajaran beliau

Foto bersama Annangguru K.H. Abdul Gani dan K.H. Bisri Idris (Pimpinan PonPes Nuhiyah Pambusuang)

Beliau Wafat pada hari Jum'at, tanggal 31 Oktober 2007 M. sekitar jam 23.00 wita di Pambusuang, dan beliau dimakamkan pada hari Sabtu, tanggal 1 November 2007 M. di Pambusuang.


أَعَادَ اللهُ عَلَيْنَا مِنْ بَرَكَاتِهِمْ وَكَرَمَاتِهِمْ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَة

الفاتحة ....

.................................................................................................................................................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar